10 Hewan Tercepat di Bumi (cheetah tidak termasuk)

11:52:00 PM Unknown 0 Comments


Menurut para ilmuan, manusia mempunyai kecepatan  berlari masimal 64km/jam. Dengan kecepatan seperti itu tentumanusia akan tertinggal jauh dengan beberapa hewan yang terkenal akan kecepatannya.
Hewan darat tercepat di dunia adalah cheetah, hewan yang termasuk keluarga kucing ini mampu berlari dengan kecepatan 109,4 – 120,7 km/jam. Namun dengan kecepatan seperti itu cheetah tidak tercatat sebagai makhluk tercepat di bumi, tahu gak sih? Bahwa rata-rata hewan tercepat di bumi ini didominasi dari keluarga burung,  berikut adalah daftar 10 hewan tercepat di Bumi.

1.    Peregrine Falcon
via wikipedia.org
 Peregrine falcon (alap-alap kawah) dan di Amerika utara hewan ini disebut elang bebek. Peregrine Falcon termasuk dalam keluarga falconidae. Kecepatan burung ini mencapai lebih dari 322 km/jam (bahkan ada yang berpendapat mencapai 380 km/jam).  Cara berburu mangsa burung ini adalah dengan membukukan badan dan menukik dengan kecepatan tinggi.

2.    Golden Eagle
 
via Youtube.com
Golden Eagle (Aquila chrysaetos) adalah salah satu burung elang yang berada di Belahan Utara. Seperti semua elang, elang ini masuk kedalam famili Accipitridae. Elang ini menyebar di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Burung ini memiliki panjang tubuh lebih dari 1 meter. Pada kebudayaan populer, burung ini menjadi lambang nasional Mesir, Meksiko dan banyak negara lainnya. Dan kecepatan burung ini mencapai 240 – 320 km/jam.

3.    Spine tailed Swift (Burung Kepinis Jarum)
via wikipedia.org

Spine Tailed Swift atau white-throated needletail (Hirundapus caudacutus) atau di Indonesia menyebutnya Burung Kepinis jarum adalah hewan ketiga tercepat bumi, hewan yang menyebar di  Asia Tengah dan Siberia ini memmiliki kecepatan mencapai 170km/jam.

4.    Eurasian hobby
via kuwaitbirds.org
Eurasia hobby (Falco Subbuteo) atau  cukup di sebut hobby, adalah elang ramping dan kecil. Burung  Ini termasuk dalam keluarga dekat elang yang disebut Hypotriorchis subgenus. Hewan ini berkembang biak di Afrika, Afrika dan Asia. Dengan kecepatan mencapai 160 km/jam, burung ini menduduki perikat keempat hewan tercepat di bumi.

5.    Burung Cikalang (Frigatebird)

via animalpost.net
Burung ini termasuk dari keluarga frigatidae, burung ini mempunyai beberapa spesies diantaranya, ciakalng besar, cikalang elok, dan cikalang christmast. Kecepatan burung mencapai 153 km/jam.

6.    Merpati Karang

via wiipedia.org
 Merpati karang(Columba livia) atau dara kerang  adalah anggota dari keluarga burung Columbidae (merpati dan dara)  Dalam penggunaan umum, burung ini sering hanya disebut sebagai "merpati". Kecepatan hewan yang hampir merata ini mencapai 148,9 km/jam.

 7.    Pikat
via wikipedia.org

Pikat adalah lalat berukuran besar dan pengisap dan penjilat darah (termasuk manusia). Spesies dari suku Tabanidae yang sering menyerang manusia dan ternak, karena gigitan dari lalat betina dan penyebaran penyakit serta parasit melalui lalat ini. Serangga yang dianggap hama ini mempunyai kecepatan 145 km/jam.

8.    Spur Winged Goose

via wikipedia.org
Salah satu jenis burung dalam family Anatidae ,yang berkaitan dengan angsa dan bebek .Jenis ini hidup pada kawasan basah di seluruh sub-Sahara Afrika.Ukuran  dewasa burung ini sekitar 75-115 cm , panjang dan berat rata-rata 4 – 6,8 kg. Kecepatan burung yang termasuk salah satu burung terbesar di Afrika ini mencapai 142 km/jam.
9.    Red-breasted merganser

via ducks.org

Red Breasted Merganser (Mergus serrator) termasuk bebek penyelam dari keluarga Anatidae, jenis burung ini banyak ditemukan Amerika Utara, Asia, Eropa dan Greendland, kecepatan terbang burung ini mencapai 129 km/jam

10.    Ikan Black Marlin
via wikipedia.org

Black marlin (Istiompax indica) adalah spesies marlin yang hidup di daerah tropis dan subtropis Indo-Pasifik dan Pasifik timur, dekat permukaan hingga kedalaman 915 m (3.002 kaki). Ikan ini adalah salah satu ikan tercepat di bumi, dengan kecepatan mencapai 129 km/jam.

Sumber
en.wikipedia.org/wiki/Fastest_animals


You Might Also Like

0 comments: