Merekalah Pesaing Bisnis Terberatmu

6:29:00 AM Unknown 0 Comments


via 2020spaces.com
Beberapa waktu yang lalu, media-media Indonesia dipenuhi berita tentang aksi demo anarki driver taksi, yang ditentang oleh para supir tersebut  adalah transportasi berbasis aplikasi online. Begitu pula dikampung tempat tinggalku, para buruh tani menolak adanya mesin pemanen padi.

Kita pasti setuju  dulu Nokia adalah raja handphone,  karena menurut saya Nokia kurang inovasi, akhirnya Samsungyang dulu bukan apa-apa kini telah menjadi raja baru didunia handphone atau bahkan smartphone, kerjasama yang baik dengan android akhirnya mereka bisa mengkudeta Nokia dari singgasananya. Dulu hampir semua kalangan berlangganan koran atau majalah untuk mendapat warta dunia, akan tetapi sekarang warta itu telah adaditangan mereka,tanpa harus membolak-balikan kertas.

Sekarang kamu pasti tahu saingan bisnis terberat kita???ya, pesaing terberat kita adalah orang yang suka atau gigih berinovasi, tanpa berinovasi kita akan terisingkir sob!!! Mungkin Nokia dulu menganggap android dan Samsunghanya angin kecil, dan Nokia tidak mempedulikan hal tersebut, dan akhrinya Samsungdan adroid kini menjadi angin topan yang besar.

Pesaing utama kita bukanlah orang menawarkan produk yang serupa dengan kita, akan tetapi mereka yang pandai berinovasi, BMW sulit menjatuhkan Mercy, tapi mungkin mereka bisa hancur oleh Tesla yang mengembangkan mobil tanpa sopir (autopilot).

Jepang adalah salah satu yang menurut saya negara paling banyak inovator, mereka bukan penemu mobil, pesawat, robot, komputer dan lain-lain...tapi kita lihat negara tersebut, bukankah Jepang unggul dalam bidang teknologi, padahal mereka bukanlah penemunya, ya mereka adalah inovator.

Jika kita tidak mau berinovasi dalam berbisnis, saya yakin usaha kita akan roboh dengan sendirinya. Bukan karena pesaing menggunakan cara-cara curang, akan tetapi secara perlahan konsumen akan meninggalkan kita.  Kalaupun kita tidak bisa berinovasi paling tidak jangan malu untuk meniru inovasi orang lain (yang tidak ada hak ciptanya tentunya), saya kasih contoh, saya mempunyai teman yang menternak kambing, akan tetapi dia sibuk dan tentunya tidak ada waktu untuk mencari rumput, akhirnya ia mendapat ide dari internet cara membuat pakan ternak fermentasi, dan sekarang dia tidak perlu susah-susah mencari rumput untuk kambingnya.

Nah bagaimana sob!! KALAU TIDAK BISA MENJADI YANG PERTAMA PALING TIDAK KITA HARUS JADI YANG TERBAIK


  

You Might Also Like

0 comments: